Kamis, 24 November 2016

Makanan Yang Mengandung Protein

protein
Makanan mengandung protein,sumber foto facebook
Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida.protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.
Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem imun sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).(sumber wikipedia)

Manfaat protein bagi tubuh kita sangat banyak,mulai dari membantu membentuk pertumbuhan sel baru serta membantu tumbuh kembang otot dan juga menjadi tenaga bagi tubuh untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari,maka tidak heran para binaragawan mengkonsumsi banyak sekali protein dalam sehari agar bisa membentuk otot mereka serta menjaga tubuh mereka agar tetap fit,namun kalian tahu kah bahwa protein banyak terdapat didalam makanan kita sehari-hari yang jarang sekali kita tau.berikut beberapa bahan makanan yang banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh

Daging
Putih telur
Ikan
Brokoli
Ayam
Tahu
Tempe
Susu dan Produk turunanya
Ikan Teri
Kacang-kacangan

kok bisa sih Tahu dan tempe ada proteinya? tahu dan tempe merupakan bahan makanan yang sudah diolah terlebih dahulu,dan bahan bakunya adalah kacang kedelai yang termasuk dalam kacang-kacangan yang mengandung protein,jadi tahu dan tempe pun mengandung protein yang sama,hal ini juga terjadi pada produk olahan/turunan dari susu,karena susu sudah ada protein makanya hasil olahan yang berbahan baku susu ada proteinya.
untuk penyembuhan luka Protein juga sangat dibutuhkan agar bisa mengembalikan sel-sel yang rusak dan untuk menutup luka dengan cepat.


EmoticonEmoticon